top of page
  • Writer's picturehunnelproduction

Refleksi Pribadi di Produksi Multimedia


Intan Murni (160906032)

Kelas produksi multimedia merupakan mata kuliah yang sangat menantang untuk saya. Banyak hal yang saya pelajari, baik secara teori maupun praktik dalam mata kuliah ini. Saya belajar banyak mengenai apa yang terlihat secara visual mata dan apa yang menarik ketika didengarkan. Tidak mudah bagi saya yang belum terbiasa memperhatikan hal-hal detil semacam itu, namun menyenangkan bila dijalankan dengan rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang besar.


Berdinamika dengan kelompok yang tidak ditentukan sendiri dari awal menjadi hal menarik. Saya mengenal tiap pribadi mereka lebih dalam, dan mengetahui kemampuan masing-masing individu. Hal ini akan berguna ketika pembagian tugas dilakukan. Lalu saya juga belajar untuk terus bekerja keras dan tidak mengeluh, karena hal itu akan sangat mempengaruhi kinerja diri dan teman-teman kelompok.


Kompetensi yang saya miliki ketika berasa di kelas ini antara lain: Live reporting, menulis di blog, radio announcer, editing video dan audio, bahkan fotografi. Meskipun masing-masing tidak begitu mendalam saya lakukan, namun saya sudah memiliki basic untuk kemampuan yang saya miliki. Ilmu yang saya dapatkan tidak hanya berputar di tulisan (artikel web), tetapi melebihi hal itu.


Dikarenakan produksi multimedia adalah mata kuliah praktis, maka terkadang sistem yang diterapkan adalah praktek - error - evaluasi. Namun dari kesalahan yang dibuat, justru saya baru mengerti berbagai hal. Tidak bisa hanya mengandalkan cuap mulut dan teori saja, tetapi memang harus dilakukan secara langsung baru bisa mengerti.


Saya mengharapkan nilai A di kelas produksi multimedia ini. Meskipun bila dibandingkan dengan beberapa teman, hasil karya mereka terkadang lebih bagus. Namun yang saya sudah melakukan apa yang terbaik dan saya mau belajar keras untuk terus memperbaiki dan mengasah kemampuan saya. Kelas ini adalah kelas yang sangat menantang dan harus menjadi tangguh untuk bisa melewatinya.


Hasil Karya:


Live Report




Artikel

https://www.kompasiana.com/intanmurni3369/5cc2050ccc528327fa76f1c7/mulailah-andalkan-kekuatan-visual

https://www.kompasiana.com/intanmurni3369/5c6f7bc512ae9454d73f5224/kala-jurnalis-tergantikan-algoritma

https://www.kompasiana.com/intanmurni3369/5c65bc45677ffb54ba3af409/before-after-jurnalisme-online


Video Animasi


Audio

3 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page