top of page
  • Writer's picturehunnelproduction

Sensasi Dawet Berpadu dengan Sambal

Membahas mengenai kuliner, Dawet merupakan minuman khas Indonesia yang berasal dari tanah jawa yaitu Banjarnegara. Minuman yang menyegarkan dahaga dikala cuaca panas ini sangat digemari oleh banyak orang. Dawet terbuat dari tepung beras yang biasanya disajikan dengan es parut, gula merah cair serta santan sehingga menimbulkan rasa yang manis dan gurih. Seiring perkembangan zaman es dawet menyebar hingga ke seluruh kota di Indonesia seperti Semarang, Solo, Jakarta, Yogyakarta dan kota lainnya.


Dawet Sambal

Salah satu kabupaten di Yogyakarta yaitu Kulon Progo menciptakan dawet dengan inovasi baru yaitu menggunakan sambal. Meski terdengar aneh namun rasanya yang unik membuat dawet ini banyak digemari. Tak hanya namanya, sajian istimewa dari minuman ini juga terbilang unik. Sekilas, tampilannya tak jauh beda dengan dawet pada umumnya. Namun, jika melihat lebih dekat, kamu bakalan dibuat terperangah dengan isian selain cendol.


Dalam mangkuk yang sama, kamu dapat melihat ada rajangan kubis, sejumput tauge serta taburan daun seledri. Tak lupa kuah santan yang sudah bercampur dengan gula merah sebagai kuah. Racikan dawet sambel ini tak hanya itu saja. Satu tambahan lagi yang membuat rasanya makin mantap. Apalagi kalau bukan sambal yang terbuat dari ulekan kacang tanah yang digoreng kering dengan cabai.


Paduan dawet, kubis, serta siraman sambal ini memiliki rasa gurih, manis, pedas yang unik. Dawet unik ini dapat dinikmati hanya dengan harga Rp4.000 saja. Bagi yang penasaran dan ingin mencobanya, yuk ke kulon progo tidak hanya dapat menikmati semangkuk dawet sambel namun juga dimanjakan oleh pemandanganya yang indah.

53 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page