top of page
  • Writer's picturehunnelproduction

Sepak bola di Tanah Kota Pelajar


Salam olahraga..


Aspek lain yang menjadi salah satu daya tarik D.I. Yogyakarta adalah salah satu olahraga terpopupler di negri tercinta ini, yaitu sepak bola. Jika berbicara mengenai sepak bola Yogyakarta, maka akan cenderung identik dengan PSS Sleman. PSS Sleman merupakan salah satu kekuatan sepak bola yang berasal dari Yogyakarta yang cukup disegani di kancah sepak bola nasional. Bagaimana tidak, salah satu kiprah tertinggi klub yang dijuluki Super Elja (Super Elang Jawa) ini adalah ketika menempati urutan ke-4 dua musim berturut-turut devisi tertinggi sepak bola Indonesia. Hal itu terjadi pada pergelaran Liga Indonesia musim 2003 dan 2004 . PSS Sleman berdiri pada 20 Mei 1976, kini memiliki stadion sendiri yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo. PSS Sleman memiliki corak yang khas yaitu warna hijau.


Selain PSS Sleman, klub sepak bola yang juga terkenal adalah PSIM Yogyakarta. PSIM Yogyakarta dan PSS Sleman memiliki persaingan yang cukup tinggi sehingga acap kali disebut derby sekota yang memiliki tensi tinggi di setiap pertemuan mereka. Perlu diketahui bahwa, PSIM (Persatuan Sepak bola Indonesia Mataram) Yogyakarta merupakan klub tertua yang yang ada di Yogyakarta. PSIM Yogyakarta berdiri pada 5 Spetember 1929 dan menjadi salah satu peserta yang menandakan berdirinya induk sepak bola di Indonesia yaitu PSSI.


Klub lain yang cukup menarik perhatian dari Yogyakarta adalah Persiba Bantul. Persiba Bantul berada di wilayah Selatan DIY, Kabupaten Bantul. Persiba Bantul juga pernah merasakan sengitnya persaingan Devisi Utama Liga Indonesia yaitu pada tahun 2007. Persiba Bantul memliki stadion sendiri dan cukup megah yaitu Stadion Sultan Agung.

Selain 3 nama besar ini, sebenarnya DI Yogyakarta memliki klub lain yang masih aktif mengikuti berbagai kompetisi di Indonesia. Sebut saja seperti Persig Gunungkidul, Persikup Kulonprogo, Satria Adikarta, Gama FC, Protaba bantul, dan beberapa klub kecil lainnya. Klub-klub ini kurang mendapat perhatian dikarenakan hanya bermain di liga amatiran, kasta 3 atau 4 di Indonesia.


Namun, Sepak bola Yogyakarta tetaplah menjadi salah satu kota yang memliki potensi akan berkembangnya sepak bola di Indonesia. Yogyakarta tidak hanya menjadi saksi hidup berdiri dan berkembangnya federasi sepak bola Indonesia, yaitu PSSI. Yogyakarta juga tetap berhati nyaman seperti yang selalu identik dengannya terhadapat perkembangan dan pertumbuhan sepak bola di Indonesia.

Bravoo....


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Tim_sepak_bola_di_Yogyakarta

49 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page